Sabtu, Januari 23, 2016

Sabar dan Qonaah


Menjadi sabar dan qonaah adalah dua hal yang sedang saya pelajari hari ini. Karena sejatinya kita tak pernah berhenti belajar. Namun sayang sekali bila setiap titik kedewasaan kita itu abai akan ilmu dan hikmahnya.

Saya kehilangan banyak hal untuk mencapai hal hal baru yang saya kejar. Bila hari ini saya mengejar target menjadi istri dan ibu yang baik untuk mereka, saya kehilangan hal lain untuk diraih dilain waktu. Salah satunya adalah impian. Impian karir, impian sekolah lagi, dan impian impian lain yang menghiasi benak masa muda saya.

Bukan kah semua bisa dilakukan bersamaan? Beriringan?

Begitulah kemampuan manusia. Terbatas dan terbatas. Bila hari ini saya sedang mengejar impian menjadi istri yang baik sekaligus ibu yang baik, bukan kah itu artinya saya juga sedang mengerjakannya secara beriringan? untuk sementara mengabaikan mimpi mimpi lain karena fokus pada impian hari ini adalah cara saya belajar sabar dan qonaah.

Sabar terhadap segala keterbatasan diri. Sabar terhadap tantangan yang ada di depan mata. Sabar terhadap situasi dan kondisi yang ada di sekeliling kita. Sabar terhadap ujian harapan dan lainnya.

Plus

Qonaah terhadap apa yang sudah kita miliki, qonaah terhadap pencapaian kita HARI INI. Qonaah terhadap proses pembelajaran nilai kehidupan kita.

Keduanya adalah harga mati untuk bisa fokus memperbaiki diri.

Karena dengan kesabaran, kita bisa perlahan memahami dan menghayati titik balik perubahan diri kita. Menikmati setiap proses yang Allah berikan. Tak terburu buru melihat pencapaian, hasil akhir.

Karena dengan qonaah, kita bisa memahami dan menghayati keterbatasan kita sebagai makhluk. Karena ketika tercapainya impian  kemarin, akan hadir impian hari ini. Dengan tercapainya impian hari ini, akan hadir impian esok hari. Bila kita tak qonaah, kita akan memburu semua harapan dan keinginan kita itu padahal kita punya keterbatasan yang amat banyak.

Slow but sure...
Yuk, nikmati! Sekali lagi, hargai setiap proses dan pencapaian hari ini.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men